×

Software Perekam Suara Adobe Audition


Sore sobat, alhamdulillah barusan gerimis, jadi cuaca lebih adem ketimbang biasanya. 

Kali ini saya akan share software perekam suara. Software ini disarankan untuk komputer atau laptop. Jika sahabat ingin merekam seperti di studio, jangan khawatir, software atau aplikasi ini akan menjawab semuanya. Sobat bisa mengedit, memotong suara, bahkan bisa menaik turunkan nada, hebat kan? heee...

Software Perekam Suara Adobe Audition

Software Perekam Suara Adobe Audition

Adobe Audition adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk merekam suara, software ini juga biasa dipakai oleh studio baik itu yang amatir maupun studio yang sudah profesional. Software ini dulunya bernama  Cool Edit Pro. Sekarang menjadi Adobe Audition.

Sudah banyak versi yang dikeluarkan oleh pihak AU. Dari adobe Audition versi 1 sampai versi 8 (CC 2015). Adapun urutan versinya sebagai berikut:

1. Adobe Audition Versi 1

Adobe Audition versi pertama ini dirilis pada tanggal 18 Agustus 2003. Pada versi 1 ini sebenarnya adalah Cool Edit Pro 2.1. Hanya saja ada beberapa penyempurnaan. Kemudian pada bulan Mei 2003 Adobe Audition merilis versi terbarunya yaitu Adobe Audition  versi 1.5. Sama halnya pada versi pertama, pada versi 1.5 ini ada penyempurnaan pada ruang frekuensi editing, pada menu pitch.

2. Adobe Audition Versi 2 

Adobe Audition Versi 2 dirilis pada tanggal 17 Januari 2006. Dengan rilisan ini mulailah Adobe Audition Versi 2 digunakan dalam studio rekaman. Versi ini termasuk dua bagian. Multitrack Lihat didukung hingga 128 audio digital mono atau stereo track sampai dengan resolusi 32-bit. Dalam Track Kontrol bagian satu bisa pilih input dan output untuk setiap lagu (program didukung beberapa kartu suara multi-channel), pilih Rekam, Solo dan Mute, dan mengakses efek rak. Fitur baru termasuk ASIO (masukan keluaran aliran Audio) dukungan, VST (Virtual Studio Technology) dukungan, alat mastering baru (banyak disediakan oleh iZotope), dan didesain ulang UI. Adobe juga termasuk Audisi 2.0 sebagai bagian dari Adobe Produksi Studio bundel.

3. Adobe Audition Versi 3

Adobe Audition versi 3 dirilis pada tanggal 8 November 2007. Pada versi ini ada beberapa tambahan fitur, seperti fitur VSTi (virtual instrument) dukungan, ditingkatkan editing spektral, didesain ulang antarmuka multi-track, efek baru, dan koleksi loop bebas royalti.

4. Adobe Audition Versi 4 (CS5.5) 

Adobe Audition Versi 4 (CS5.5) juga dikenal sebagai Adobe Audition CS5.5, Adobe ini dirilis pada tanggal 11 April 2011. Fitur baru dari Adobe ini diantaranya meningkatkan dukungan 5,1 multichannel, efek baru (DeHummer, Deesser, Pidato Volume menyamaratakan, dan Surround Reverb), panel Sejarah, lebih cepat dan didukung sepenuhnya analisis realtime FFT dan mesin audio yang baru (lebih handal dan lebih cepat) untuk non perangkat ASIO.

5. Adobe Audition Versi 5 (CS6)

Adobe Audition Versi 5 (CS6) ini sudah semakin baik dibanding dari versi sebelumnya. Adobe Audition CS6 ini dirilis pada tanggal 23 April 2012. Fitur tambahan pada versi ini diantaranya cepat dan mengedit lebih tepat, klip real-time peregangan, keselarasan otomatis pidato, EUCON dan Mackie permukaan kontrol dukungan, otomatisasi parameter, koreksi pitch lebih kuat, pemutaran video HD, efek baru; dan lebih banyak fitur.

6. Adobe Audition Versi 6 (CC)

Dirilis pada tanggal 17 Juni 2013. Ini adalah yang pertama pada software ini untuk menjadi bagian dari Adobe Creative Cloud. Juga, Audition CC sekarang pertama 64-bit. Aplikasi di Adobe Audition. Hal ini dapat memberikan waktu proses yang lebih cepat bila dibandingkan dengan Audisi CS6. Fitur baru pada versi ini terlihat lebih canggih yaitu ada remover suara, editor pratinjau dan pitch bender.

7. Adobe Audition Versi 7 (CC 2014)

Adobe Audition 7 dirilis pada bulan Juni 2014 dengan nama Adobe Audition CC 2014.

8. Adobe Audition Versi 8 (CC 2015) 

Adobe Audition terbaru adalah Adobe Audition versi 8, yang dirilis pada bulan Juni 2015 dengan nama Adobe Audition CC 2015.

Itulah urutan software Adobe Audition, untuk sahabat yang ingin menginstallnya, silahkan cari versi yang sobat inginkan, dan tentunya lihat juga kondisi (kemampuan) komputer atau laptop sobat untuk diinstall Adobe Audition. Kalau saya dulunya memakai yang versi 6 tetapi setelah saya install di laptop agak sedikit lemot, jadi saya turunkan, sekarang saya install yang versi 3.

Demikian software Perekam Suara Adobe Audition. Semoga bermanfaat.





Baca Artikel Lain:




Masukkan email untuk berlangganan artikel terbaru

1 Response to "Software Perekam Suara Adobe Audition"